Wali Kota Kendari Tekankan Pentingnya Transparansi dan Akuntabilitas Pengadaan Barang dan Jasa

Ketgam: Wali Kota Kendari, dr. Hj. Siska Karina Imran, didampingi Sudirman bersama tim Audit BPKP-RI

KENDARI, TAJUKSULTRA.ID – Wali Kota Kendari, dr. Hj. Siska Karina Imran, SKM menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengadaadan jasa pemerintah.

Hal itu, ia sampaikan dalam entry meeting yang dilaksanakan bersama Direktorat Pengawasan Akuntabilitas Program Lintas Sektoral Pembangunan Daerah BPKP RI di ruang rapat Kantor Wali Kota Kendari, Kamis (21/8/2025).

Lebih lanjut, Siska menyatakan kesiapan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari untuk mendukung secara penuh proses audit tata kelola pengadaan barang dan jasa tahun anggaran 2025 oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP-RI).

Menurutnya, audit ini merupakan bentuk pengawasan independen yang dibutuhkan guna memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola pengadaan, serta memperkuat kepercayaan publik terhadap kinerja Pemkot Kendari.

“Pengadaan barang dan jasa memiliki peranan strategis dalam mendukung pembangunan daerah dan pelayanan publik,” ungkapnya.

Ia juga meminta agar seluruh perangkat daerah dapat mendukung penuh pelaksanaan audit ini secara aktif dan terbuka.

Dalam arahannya, Wali Kota menginstruksikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar segera menyiapkan dokumen dan data yang dibutuhkan oleh BPKP secara lengkap, akurat, dan tepat waktu. Ia mengingatkan pentingnya inisiatif dari OPD agar tidak hanya menunggu permintaan, namun juga proaktif dalam menyampaikan informasi.

“Kita tidak boleh menunggu diminta. Semua harus disiapkan lebih dulu, bahkan jika belum diminta,” tegasnya.

Ia berharap audit ini akan memberikan rekomendasi konkret untuk memperbaiki kelemahan sistem yang ada, sekaligus mendorong peningkatan kualitas belanja pemerintah.

Wakil Wali Kota Kendari, Sudirman, menekankan pentingnya sinergi antara seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan tim audit.

Ia menginstruksikan agar setiap OPD proaktif dalam menyiapkan seluruh dokumen dan data yang dibutuhkan, agar proses audit berlangsung lancar dan tidak terkendala masalah administratif.

Reporter: Lan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *